The Song Of Dajang Rindu

Senin, Juni 11, 2012 Alexander GB 0 Comments

Epik Terbesar Sumatera Selatan

Secara sederhana the Song Of Dajang Rindu versi Komunitas Berkat Yakin (KoBER) adalah seni pertunjukan yang terdiri dari penokohan dan peristiwa dramatic (teater realis),  teater puisi-Imaji, tari-gerak, sastra lisan (pantun dan warahan) yang hadir bersama-sama ke panggung  teater. The Song Of Dajang Rindu adalah pementasan teater modern dengan spirit tradisi—khususnya Sumatera Selatan. KoBER merajut perbedaan ruang dan waktu antara kisah yang berabad-abad tumbuh dan hidup hampir di semua wilayah Sumatera Selatan tersebut dengan kondisi kekinian.

The Song Of Dajang Rindu akan dipentaskan di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya Lampung pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 16-17 Juni 2012 pukul 16.00 WIB. Penonton yang di sasar adalah mahasiswa dan umum.

Tahun ini KoBER kembali dipercaya dan terpilih sebagai penerima Hibah Seni Kelola 2012 untuk kategori karya inovatif.  Kelola adalah organisasi nirlaba berjangkauan nasional yang memberi perhatian pada seni dan budaya Indonesia dengan menyediakan peluang belajar, akses pendanaan, informasi, dan pertukaran budaya. Sejak 1999 Kelola telah membuka kesempatan belajar bagi > 3,500 orang Indonesia yang layak dibantu dalam berkarya di bidang tari, musik, teater, dan seni visual.

Cerita hasil rekonstruksi KoBER terbagi dalam 7 adegan.  Masing-masing adegan memiliki titik tekan yang berbeda dalam penghadirannya.   Didukung 30-an performer, sekitar 60 menit penonton ditawarkan  berbagai macam bentuk ekspresi, seperti gerak, dialog, komposisi-komposisi,  penataan ruang dan cahaya, kostum, musik dan lain-lain menjelma sebuah cerita.

Pementasan diperkaya dengan eksplorasi secara maksimal kemungkinan-kemungkinan puisi dalam teater: metafora, kesunyian dan keriuhan, serta percampuran gaya pemanggungan teater yang diharapkan mampu memberikan alternatif solusi bagi strategi penciptaan teater modern Indonesia.

Tim dan Crew
The Song Of Dajang Rindu (2nd Version)
: Traveling Back to the Source

Digagas dan diwujudkan secara bersama oleh

Ari Pahala Hutabarat (Sutradara/Penulis Naskah), Ahmad Thohamudin, Yulizar Fadli, Devin Nodestyo, Eko Nusakti Sutopo, Apriyandi Ramadhan, Agit Yogi Subandi,Iwan Wijaya, Aliman Surya, Nice Radianse, Imelda Astari, Mellisa Faradila Inonu,  Retno Kusuma, Kiki Rahmatika, Putri Markinda Rahmadani, Rizka Yustitiara, Tresna Ayuningtyas, Rizky Armalia, Ratna Juwita Mz, Annisa Chairiyah, Inna Maradona, Bella Aulia Rahmah, Alexander GB (Performer)

PEMUSIK :
Toni Bharata, Abdul Zaimi Ferdiansyah, Noviarman Ardi, Apriyandi, M. Daniel Hadi, Sandi, Mutiah Mutiara Bunga Mayang

PENATA CAHAYA :
Aulia Prayogi

PENATA PANGGUNG :
 Rahmat Saleh

MANAJER PANGGUNG :
Edi Siswanto

KRU PANGGUNG :
Riki Putra Jumara, Gebi Finka Rani, Anita

PIMPINAN PRODUKSI :
Iskandar Gb

Keuangan :
Fitriyani

DOKUMENTASI :
Mustika Septiyas Trisilia, Arman Az, Mika Sato

KONSUMSI DLL :
Fitriyani, Cahya Annisa,  dll

SUPPORTING PROGRAM :
Jimmy Maruli Alfian, Nikolas Sumardi, Eka Yulianti

0 comments: