Festival Anton Chekov

Minggu, November 04, 2018 Alexander GB 0 Comments

Kisah Cinta Hari Rabu karya Anton Chekov, sutradara Ari Pahala Hutabarat, pemain: Budi LPG, Yunita Arsianti Purba, dan Muhammad Yunus, Taman Budaya Lampung , 3 Agustus 2002. foto doc. kober
Komunitas Berkat Yakin (Kober) merupakan wadah pembelajaran beragam seni dan pemikiran, khususnya teater.  Pada pertengahan tahun 2002, bekerjasama dengan Teater Satu Lampung tercetuslah sebuah program bersama dengan tajuk Festival Anton Chekov.

Festival Anton Chekov menjadi bagian dari riset keaktoran (realisme) anggota Kober. Chekhov dipilih karena drama-dramanya memberikan pengaruh yang mendalam terhadap drama abad ke-20. Karya-karya Chekov  yang sebagain besar mengangkat hal-hal yang kelihatannya tidak berarti dan inaksi (berdiam diri) untuk menyoroti psikologi batin para tokoh adalah tonggak bagi tumbuh dan berkembangnya teater bergenre realisme. Semangat modernisme yang menempatkan manusia sebagai pusat (Antroposentris) saat itu.



Selama tiga hari, 2-4 Agustus 2002, empat drama-drama pendek karya Anton Chekov dipentaskan. Nyanyian Angsa disutradarai Iswadi Pratama, Kisah Cinta Hari Rabu disutradarai Ari Pahala Hutabarat, Pinangan digarap Imas Sobariah, sedangkan Penagih Hutang digarap Ahmad Jusmar.


0 comments: